Harga HP dan Spesifikasi terbaru 2017, harga Android, Samsung, Xiaomi, Sony, Apple, Asus, LG, Oppo, Meizu, Infinix lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

5 Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak

5 Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak - Permainan video game memang sedang sangat populer belakangan ini, permainan video game ini banyak disukai oleh semua orang terutama anak - anak. Hal tersebut dikarenakan bermain game sangatlah seru dan akan sangat menghibur sehingga akan bisa menghilangkan stres dan juga sangat ampuh untuk mengusir rasa bosan dan jenuh. Permainan video game yang mana saat ini telah bisa dimainkan pada berbagai jenis platform membuat jenis hiburan yang satu ini semakin diminati.

Namun sayangnya permainan video game juga kerap dipandang negatif terutama oleh para orang tua, mereka menganggap permainan video game bisa menjadikan anak - anak mereka menjadi tidak sosial, merusak mata, hingga menjadikan prestasi anak di sekolah menjadi turun. Permainan video game memang memiliki dampak negatif jika tidak diawasi oleh orang tua, namun tahukah Anda bahwa game ternyata juga memiliki dampak yang positif yang akan sangat bermanfaat untuk kecerdasan anak, jika Anda penasaran maka simaklah ulasannya berikut ini.

Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak

1. Meningkatkan Keterampilan Strategi
Manfaat bermain game untuk kecerdasan anak yang pertama adalah untuk meningkatkan keterampilan menyusun strategi, beberapa judul game terutama yang memiliki genre strategi terbukti mampu untuk meningkatkan kemampuan berpikir anak dalam menyusun strategi agar dapat berhasil dalam mengalahkan musuh. Hal ini akan membuat anak untuk melatih menyelesaikan berbagai persoalannya sendiri.

2. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan
Manfaat bermain game untuk kecerdasan anak yang kedua adalah bisa meningkatkan koordinasi antara mata dan tangan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh ahli telah membuktikan bahwa permainan video game akan membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan anak. Hal tersebut tentunya sangatlah bermanfaat terutama dalam kegiatan sehari - harinya di mana anak akan lebih presisi dalam aktivitas fisiknya.

3. Melatih Kerja Sama Tim
Manfaat bermain game untuk kecerdasan anak yang ketiga yakni bisa melatih kerja sama dalam tim, hal ini terutama berlaku dalam game yang memiliki mode cooperative multiplayer yang mana di dalam game tersebut maka si anak akan bekerja sama dengan kawan - kawannya yang lain. Game dengan mode cooperative multiplayer ini juga akan membuat sifat egois anak - anak menjadi berkurang.

4. Melatih Ketekunan
Melatih ketekunan menjadi manfaat game keempat untuk kecerdasan anak, pada saat anak mencoba bermain game yang baru pertama kali dimainkannya tentu saja akan sering mengalami kegagalan atau game over, namun si anak tidak mau menyerah begitu saja dan kembali memainkannya. Dengan demikian maka game juga akan bisa melatih ketekunan anak dalam melakukan aktivitasnya sehari - hari.

5. Melatih Konsentrasi
Manfaat game bagi kecerdasan anak yang kelima adalah bisa melatih konsentrasi, apabila anak Anda sedang bermain video game biasanya mereka akan terlihat sangat serius dalam menjalankan berbagai misi yang ada di dalam game. Hal tersebut menandakan si anak sedang sangat konsentrasi dalam bermain sehingga juga akan melatih kemampuannya untuk fokus dalam melakukan sesuatu.

Permainan video game yang sangat sering dianggap sebagai sesuatu yang buruk ternyata justru memiliki manfaat yang sangat baik untuk melatih kecerdasan anak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Manfaat Bermain Game Untuk Kecerdasan Anak