Harga HP dan Spesifikasi terbaru 2017, harga Android, Samsung, Xiaomi, Sony, Apple, Asus, LG, Oppo, Meizu, Infinix lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya.

5 Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda

5 Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda - Permainan video game memang telah menjadi jenis hiburan yang banyak diminati oleh masyarakat, terutama anak - anak. Hal ini dikarenakan bermain game akan sangat menghibur sehingga akan sangat efektif untuk menghilangkan stres dan juga mengusir rasa bosan dan jenuh yang sedang Anda alami. Jenis hiburan yang satu ini juga sudah bisa Anda mainkan di beberapa platform yang tersedia seperti misalnya arcade, konsol, Windows, iOS, hingga Android yang mana saat ini sedang naik daun.

Jika Anda lihat, sekarang ini memang sudah terdapat banyak sekali judul game yang mana dibagi lagi menjadi beberapa jenis genre seperti misalnya racing, strategi, simulasi, RPG, puzzle, adventure, dan berbagai genre yang lain. Sebagai orang tua yang baik, alangkah baiknya jika Anda mengawasi dan memperhatikan anak - anak Anda pada saat bermain game. Hal tersebut dikarenakan tidak semua game cocok untuk dimainkan oleh anak - anak karena bisa membawa pengaruh buruk, berikut ini akan kami berikan beberapa tips untuk memilihnya.

Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda

1. Perhatikan Rating Video Game
Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memilihkan video game untuk anak adalah dengan memperhatikan rating video game, rating ini bertujuan untuk mengetahui usia yang diperbolehkan untuk memainkan game tersebut. Biasanya Anda akan menemukan rating yang disimbolkan oleh huruf di kemasan setiap game seperti E untuk Everyone, T untuk Teens, dan M untuk Mature.

2. Tetap Pada Pendirian
Tips kedua dalam memilihkan video game untuk anak adalah dengan tetap pada pendirian, sebagai orang tua yang baik Anda harus memiliki pendirian yang kokoh terutama apabila anak Anda meminta dibelikan game yang tidak sesuai dengan usia anak Anda. Anda harus tega untuk menolak permintaan anak Anda dan menjelaskannya mengapa tidak boleh memainkan game tersebut.

3. Parental Control
Tips ketiga yang juga bisa Anda lakukan untuk memilihkan video game untuk anak Anda adalah dengan melakukan parental control atau jika diterjemahkan adalah pengawasan orang tua. Orang tua yang baik tentunya akan selalu mendampingi anak - anaknya baik dalam memilih video game yang akan dimainkan maupun pada saat memainkan game tersebut sehingga anak tidak terkena dampak negatifnya.

4. Menggali Informasi
Tips keempat yang bisa dilakukan orang tua untuk memilihkan game untuk anak adalah dengan menggali informasi, seperti yang Anda ketahui bahwa Anda dengan anak Anda tentunya lahir di era yang berbeda. Oleh karena itulah Anda harus mengetahui informasi mengenai game yang tersedia di pasaran saat ini sehingga Anda tidak akan salah dalam memilih game untuk mereka.

5. Pilih Game Yang Bersifat Edukatif
Tips kelima dalam memilih game untuk anak adalah dengan memilih game yang mengandung unsur edukatif, selain memiliki fungsi sebagai sarana hiburan ternyata beberapa judul game juga mengandung unsur edukatif walaupun dengan porsi yang berbeda - beda. Contoh game yang biasanya mengandung unsur edukatif adalah game - game dengan genre strategi, puzzle, dan juga simulasi.

Alangkah baiknya jika Anda tidak membiarkan anak - anak Anda untuk membeli atau mengunduh game sendirian karena tidak semua judul game diperuntukkan untuk anak - anak.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 5 Tips Memilih Video Game Untuk Anak Anda